Jumat, Juni 24, 2016

Cara Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste Orang Lain

Tutorial Cara Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste Orang Lain - Terkadang beberapa dari seorang blogger suka kesal dengan tindakan copy paste artikel blogger, termasuk saya. Beberapa waktu lalu, salah satu teman blogger saya mengalami hal ini. Artikel pada blognya dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab, sudah diperingati untuk menghapus artikel tersebut namun omongan tidak membuat sadar para pencuri content.

Cara Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste Orang Lain

Alhasil teman saya pasrah, namun ia sangat menyesal karena artikel yang ia buat dengan sepenuh hati dan susah payah dengan gampangnya pencuri content mengcopy artikel tersebut. Meskipun ini terlihat sepele, namun namanya mengcopy tanpa izin dan tidak membuat perubahan pada isi copyan tersebut itu namanya tindakan ilegal. Sebenarnya mengcopy boleh saja, namun harus ada izin pada pembuat artikel tersebut. Tidak hanya itu, pengcopy juga harus menyertakan link sumber serta mengedit judul agar tidak terlihat sama.  Karena dengan cara itu kit bisa menghargai hasil karya sesama blogger.

Namun untuk Anda yang tidak ingin artikelnya dicopy oleh orang lain, saya punya cara untuk menangkalnya. Bagaimana cara nya ? caranya sangat mudah, kita hanya menambahkan script CSS pada blog kita saja. Simak tutorialnya dibawah ini.

Tutorial Agar Artikel Blog Tidak Bisa diCopy Paste

Berikut ini adalah cara untuk melindungi artikel Anda supaya tidak bisa dicopy paste orang lain. Ada dua cara yang bisa kita gunakan, namun saya mengambil simple nya saja. Kita akan menggunakan cara pertama, yaitu dengan menggunakan script CSS.

Cara Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste dengan CSS :
1. Silakan Anda masuk pada akun Blogger Anda.

2. Masuk pada menu "Template" dan tekan tombol Edit HTML

3. Pada editor template, tekan CTRL+F  untuk melakukan pencarian dan tulis  ]]></b:skin> pada kolom pencarian tersebut. Kemudian copy kode script CSS berikut ini dan letakan tepat di atas kode ]]></b:skin>



/* ---Kode Agar Blog Tidak Bisa Di Copy Paste---*/
.post-body {
-webkit-touch-callout:none;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
}

Setelah Anda menempatkan code script CSS diatas, maka akan tampak perubahan pada blog Anda. Salah satu perubahannya adalah Artikel Anda tidak lagi bisa diblock oleh mouse, sehingga tidak dapat dicopy orang lain. Namun bagaimana jika artikel pada blog Anda berisi tentang tutorial, contohnya seperti posting saya ini yang mengharuskan pembaca untuk mencopy code script.

Ada cara untuk mengatasi bagian yang tidak bisa dicopy pada artikel, salah satunya Blockquote ataupun Syntax highlighter, tentu saja pada bagian tersebut harus bisa dicopy. Bagaimana cara nya agar pada bagian tertentu bisa dicopy ? Simak berikut ini.

Cara Agar Pada Bagian Tertentu Bisa diCopy Paste :
Letakan CSS berikut ini tepat diatas code ]]></b:skin>


/* ---Kode Agar Bagian tertentu Bisa Di Copy Paste---*/
.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -khtml-user-select:text;
  -webkit-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
}

Anda hanya tinggal menyesuaikan saja bagian mana yang akan anda edit supaya bisa dicopy. Contoh nya Anda menginginkan Blockquote diposting Anda supaya bisa dicopy, maka Anda tinggal mencari tag condisional nya saja dan letakan tag tersebut pada bagian CSS diatas. contoh dari tag adalah .post blockquote atau .pre-code dan yang penting harus sesuai dengan tag pada template Anda.

Nah jika semua telah selesai tinggal Simpan dan rasakan perubahan pada blog Anda. Nah sekarang Anda sudah tau cara untuk melindungi artikel Anda dari para pencuri content. Silakan Anda Coba untuk mempraktekannya sesegera mungkin, demi keamanan dan kenyamanan aktivitas Blogging Anda.

Demikian Artikel tentang Cara Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste Orang Lain, semoga para pengcopy artikel cepat sadar dan semoga artikel ini bermanfaat untuk para teman Blogger yang jujur dan amanah.