Senin, Agustus 31, 2015

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Berat Badan Naik

Beberapa kebiasaan sehari-hari diketahui dapat meningkatkan berat badan. Jika Anda ingin tetap bertubuh langsing, yuk jauhi kebiasaan-kebiasaan tersebut.
berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang memicu pertambahan berat badan:


1. Makan di dalam mobil Saat terburu-buru dalam perjalanan dan Anda merasa perut mulai lapar, biasanya Anda kemudian akan mencari cara praktis untuk makan. Misalnya dengan membeli makanan seperti burger atau fast food lainnya.

Meskipun lebih praktis, namun cara ini tanpa disadari dapat membuat berat badan naik lho. Nah, jika Anda memang sudah berencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh, bawa bekal makanan sehat dan sebotol air minum dari rumah. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dan hidrasi Anda akan tetap terpenuhi tanpa khawatir naik berat badan.


2. Makan sambil menonton TV
Sediakan waktu dan tempat khusus untuk makan. Jika Anda makan sambil melakukan hal lain, misalnya menonton TV, maka otak tak dapat fokus bekerja dan mengenali rasa kenyang. Akibatnya, Anda akan cepat lapar kembali dan makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

 

3. 'Ikut-ikutan' teman saat makan di luar Ketika sedang makan di luar atau di restoran dengan teman-teman, pastikan Anda tetap konsisten dengan pilihan makanan Anda sendiri. Anda tak harus memesan makanan yang sama dengan teman.

Usahakan juga untuk tak 'lapar mata' alias memesan terlalu banyak makanan dan minuman, namun kemudian bingung menghabiskannya. Pesanlah makanan dan minuman secukupnya, kemudian habiskan.

  
4. Jarang minum air putih
Minum cukup air putih merupakan salah satu trik mudah untuk mengenali rasa lapar. Sebab seringkali rasa lapar dan haus tertukar. Jika Anda merasa lapar namun kemudian rasa tersebut hilang setelah minum, maka sebenarnya Anda bukanlah lapar melainkan haus.Oleh sebab itu, biasakan untuk rutin minum setidaknya 8 gelas per hari atau sebelum Anda merasa haus.

  
5. Tidak punya stok makanan sehat di kantor Di sela-sela waktu makan di kantor, seringkali tubuh terasa sudah lapar bukan? Jika memang Anda ingin ngemil, sediakan selalu camilan sehat di laci kantor misalnya buah atau biskuit gandum.

Dengan begitu, Anda akan terhindari dari kebiasaan jajan yang tak sehat dan memicu kenaikan berat badan. Sediakan juga air putih, ini supaya Anda terhindari dari keinginan minum minuman yang mengandung pemanis dan pengawet buatan.

Sumber : Detik Healt