Rabu, Juli 08, 2015

4 Tips Penting Sebelum Berangkat Mudik


Lebaran kurang lebih 10 hari lagi, aktivitas mudik sebagai tradisi pulang kampung umat Islam menyambut datangnya hari raya Idul Fitri memang sudah jadi kegiatan wajib setiap tahun.

Masyarakat berbondong-bondong balik ke kampung halaman untuk bisa lebaran dengan keluarga besar. Moda transportasi umum hingga kendaraan pribadi pun dijadikan sarana balik kampung tiap tahunnya.

Khusus untuk pemudik dengan kendaraan pribadi, kegiatan mudik lebaran bisa saja sangat menguras tenaga dan pikiran terlebih jika menemui kemacetan panjang di rute yang dilewati menuju kampung halaman.
Oleh karena itu, bagi Anda para pemudik dengan kendaraan pribadi, berikut ada beberapa tips penting sebelum Anda berangkat mudik lebaran di tahun ini.

1. Kondisi Fisik
 Ya, pastikan kondisi fisik harus benar-benar fit sebelum menempuh perjalanan mudik lebaran. Kesehatan fisik dan pikiran adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik.

Badan yang fit bisa membuat konsentrasi tak mudah turun kala melintasi rute mudik ke kampung halaman. Selain itu, jika kondisi fisik dalam keadaan prima, maka segala rintangan seperti bermacet ria kala sedang berpuasa bisa dilewati dengan mudah.

2. Kondisi Kendaraan
 Setelah menjaga dan memastikan kondisi fisik agar prima sebelum berangkat mudik, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ada memeriksa kondisi kendaraan.

Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kendaraan ke bengkel langganan sebelum berangkat mudik agar mesin tak rewel kala di perjalanan. Mengeluarkan biaya sedikit untuk perawatan kendaraan tentu lebih menguntungkan daripada Anda harus mengeluarkan kocek ekstra karena mobil mogok di tengah perjalanan.


3. Rute Perjalanan
 Langkah ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek dan memilih rute perjalanan yang bakal dilewati menuju ke kampung halaman. Hal ini penting, terlebih jika Anda berangkat di H-7 lebaran hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Memilih rute dari sekarang bisa mencegah Anda dan keluarga terjebak kemacetan selama berjam-jam. Oleh karena itu, buatlah alternatif rute perjalanan mudik Anda agar tak terjebak kemacetan di jalur utama mudik yang biasanya berlangsung hingga berjam-jam.

4. Perlindungan Diri dan Kendaraan
Langkah persiapan terakhir yang bisa dilakukan sebelum Anda melakukan perjalanan mudik adalah mempersiapkan perlindungan diri dan kendaraan dengan mendaftarkan asuransi (jika Anda belum memiliki asuransi jiwa dan kendaraan).

Hal ini karena di tengah puncak arus mudik, biasanya angka kecelakaan akan lebih tinggi. Asuransikanlah kendaraan Anda sehingga dapat melakukan mudik dengan tenang.

(Sumber : Merdeka.com)