Sabtu, Juli 18, 2015

Kurio, Aplikasi Berita Indonesia



 Membaca berita merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi dan umumnya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Dengan adanya smartphone, hal tersebut menjadi semakin mudah dilakukan dimanampun. Melihat kenyataan tersebut, tidak heran muncul banyak aplikasi yang memudahkan Anda untuk membaca berita, dan salah satunya adalah aplikasi karya developer lokal yang akan dibahas Tech in Asia kali ini yaitu Kurio.

Kurio adalah kelima perusahaan Indonesia untuk menerima investasi dari CyberAgent . Perusahaan yang sebelumnya berinvestasi di perusahaan e-commerce Tokopedia , Bilna , dan VIP Plaza , serta pengembang game Touchten .


Pertama kali melihat aplikasi ini di Play Store, saya penasaran dengan desain logo aplikasi ini yang menyerupai kipas. Kemudian setelah meng-install aplikasi ini, logo kipas tersebut ternyata dimanfaatkan sebagai menu navigasi topik berita dengan gradasi warna yang cukup menarik. Yang menarik adalah logo kipas ini hampir sama seperti yang terdapat di dalam aplikasi iPhoto for iOS ketika kita akan memilih sebuah efek. Entah memang kebetulan atau pihak developer terinspirasi oleh desain tersebut.

Untuk memilih topik berita cukup dengan swipe ke atas dan ke bawah menggunakan jempol serupa halnya membuka dan menutup kipas. Setelah memilih topik, logo kipas ternyata juga digunakan untuk animasi saat menunggu aplikasi memuat topik berita yang dipilih. Berita-berita ditampilkan dengan gambar fitur besar dan headline berita. Untuk mencari berita lain, navigasi yang digunakan serupa dengan navigasi menu topik yaitu cukup menggunakan jempol tangan kanan dan swipe ke bawah untuk mencari berita lain dan swipe ke atas untuk berita sebelumnya.

Berita ditampilkan dengan ukuran font sedang sehingga sangat jelas saat dibaca. Bagi pengguna yang suka membaca di malam hari, aplikasi ini juga menawarkan fitur Night Mode yang bisa dipilih melalui menu Setting. Background akan berubah menjadi hitam dan font akan berwarna putih pada Night Mode. Sayangnya fitur ini hanya dapat digunakan saat membaca artikel. Ketika kembali ke tampilan headline berita, background kembali ke tampilan sebelumnya.


 Untuk berbagi berita yang disukai, aplikasi ini menawarkan layanan berbagi ke Facebook, Twitter, dan Email pada tampilan utama. Jika ingin berbagi ke aplikasi lain cukup memilih menu Share to other apps dan sebuah pop up yang menampilkan yang bisa digunakan untuk berbagi akan muncul.


Selain berbagi berita, aplikasi ini juga mendukung dua layanan baca offline atau layanan read it later yaitu Instapaper dan Pocket. Sebelum dapat menggunakan dua aplikasi tersebut, Anda diwajibkan mengkonfigurasi layanan tersebut melalui menu Setting.


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.merahputih.kurio

https://itunes.apple.com/id/app/kurio-indonesias-news-app/id734464027?mt=8